Jawabanmu

2014-06-01T21:33:32+07:00
Tema, alur , penokohan, amanat, latar, sudut pandang
Jawaban paling cerdas!
2014-06-01T21:34:23+07:00
1)    Tema, adalah gagasan utama yang menjiwai keseluruhan cerita. Biasanya tema dalam cerita dituliskan secara tersirat (secara tidak langsung).
2) Alur atau plot, adalah jalannya cerita yang memiliki hubungan sebab akibat.
3)    Setting atau latar, ada waktu, tempat, dan suasana.
4) Tokoh dan penokohan. Tokoh adalah pelaku yang memerankan cerita, sedangkan penokohan adalah karakter atau sifat atau watak dari tokoh.
5)    Amanat, adalah pesan yang hendak disampaikan penulis kepada pembaca.
6) Sudut pandang atau point of view, adalah posisi penulis dalam cerita.a. Orang pertama. Penulis berposisi sebagai ‘aku’ dalam cerita. Penulis seolah-olah menceritakan kehidupan dia sendirib. Orang ketiga. Penulis berposisi sebagai pencerita dan berada di luar cerita. Penulis menggunakan ‘dia’ atau kata ganti orang ketiga.
7)    Gaya bahasa, adalah pilihan kata yang dipakai oleh penulis dalam cerita untuk menghidupkan dan memperindah cerita.
1 5 1