Jawabanmu

2014-07-07T05:49:18+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Metode Ilmiah Biologi 

Munculnya Ilmu pengetahuan berawal dari rasa kagum manusia terhadap jagad raya ini, rasa ingin tahu muncul karena manusia dibekali kemampuan untuk berpikir. Pengetahuan yang benar dapat diperoleh melalui 2 pendekatan yaitu pendekatan non ilmiah dan pendekatan ilmiah. 

a). Pendekatan non ilmiah 
Pendekatan non ilmiah Hanya berasal dari akal sehat , penemuan secara kebetulan , penemuan secara coba-coba dan pendapat para ahli.Penemuan secara kebetulan : penderita malaria yang sembuh setelah minum air pahit yang berasal dari kulit pohon kina yang tumbang dalam sebuah parit. Pendapat para ahli: diterima tanpa diuji kebenarannya, tidak didasarkan penelitian tetapi didasarkan hanya pada pemikiran logis. 

b). Pendekatan Ilmiah 
Pendekatan ilmiah menuntut dilakukannyalangkah-langkah tertentu dengan urutan tertentu untuk mencapai pengetahuan yang benar. Pengetahuan didapat dengan pendekatan ilmiah diperoleh melalui penelitian ilmiah untuk menguji keajegan dan kemantapan internalnya, sehingga jika dilakukan oleh orang lain dengan langkah dan kondisi yang sama akan memperoleh hasil yang sama. 

Langkah-langkah tertentu yang digunakan dalam penelitian ilmiah disebut metode ilmiah , langkah-langkahnya: 
1.Perumusan Masalah
2.Penyusunan kerangka berfikir
3.Perumusan Hipotesis
4.Eksperimen
5.Penarikan Kesimpulan
3 4 3