Jawabanmu

2014-06-01T16:36:33+07:00
DEMOKRASI adalah bentuk atau sistem pemerintahan suatu negara sebagai upaya mewujudkan kedaulatan rakyat. Salah satu pilar demokrasi adalah prinsip trias politica, yang membagi tiga kekuasaan politik negara, yakni eksekutif, yudikatif, dan legislatif. Ketiga kekuasaan lembaga Negara independen dan berada dalam peringkat yang sejajar satu sama lain. 

Independensi ketiga jenis kekuasaan ini diperlukan agar ketiga lembaga negara ini bisa saling mengawasi atau saling mengontrol berdasarkan prinsip checks and balances. Jadi, demokrasi bukanlah kebebasan tanpa batas. Perlindungan dan kemajuan hak asasi manusia (HAM) merupakan amanah konstitusi. Hal itu tertuang dalam UUD 1945 pasal 28, yang berisi tentang komitmen dan roh reformasi dan nilai-nilai utama demokrasi.

Karena itu, agar demokrasi berjalan sebagaimana mestinya, maka hal-hal yang berhubungan dengan demokrasi harus diutamakan. Kenapa sangat penting, karena ini adalah bagian dari citra bangsa. Bangsa Indonesia mempunyai toleransi demokrasi yang tinggi. Kebebasan untuk berpendapat merupakan cirri khas bangsa ini sejak zaman dulu kala.

Jadi, kita harus berkomitmen untuk menjaga agar demokrasi tetap hidup di Indonesia. Kita perlukan kerja keras untuk menanam sikap demokrasi apalagi yang berhubungan dengan hak asazi manusia. Jangan sampai demokrasi dijadikan alat untuk kepetingan pribadi, juga jangan sampai dibajak oleh segelintir orang yang tidak bertanggung jawab.
1 3 1