Jawabanmu

2015-05-17T09:56:42+07:00
Lembaga Agama Agama merupakan suatu lembaga atau institusi penting yang mengatur kehidupan rohani manusia. Menurut Emile Durkheim, agama adalah suatu sistem yang terpadu yang terdiri atas kepercayaan dan praktik yang berhubungan dengan hal yang suci. Kita sebagai umat beragama semaksimal mungkin berusaha untuk terus meningkatkan keimanan kita melalui rutinitas beribadah, mencapai rohani yang sempurna kesuciannya.
Fungsi lembaga agama antara lain sebagai : ·         Sumber pedoman hidup bagi individu maupun kelompok. ·         Pengatur tata cara hubungan antar manusia, dan antara manusia dengan Tuhannya. Contohnya adanya sebuah perkumpulan remaja mesjid yang menyelenggarakan pengajian bulana. Kegiatan itu berfungsi untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan para remaja Islam di daerahnya. Anda masih ingat pengertian lembaga sosial ? Yah, lembaga sosial pada dasarnya adalah sistem norma yang mengatur segala tindakan manusia dalam memenuhi kebutuhan pokoknya dalam hidup bermasyarakat. Lembaga sosial di masyarakat mempunyai beberapa fungsi berupa fungsi laten (fungsi yang tidak disadari manfaatnya) dan fungsi manifest (fungsi yang disadari manfaatnya). Fungsi-fungsi lembaga tersebut terwujud dalam setiap macam lembaga yang ada di masyarakat. Adapun macam-macam lembaga sosial yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat, antara lain lembaga keluarga, lembaga pendidikan, lembaga politik, lembaga ekonomi dan lembaga agama.
Masyarakat Pedesaan
Menurut Soerjono Soekanto : Kehidupan masyarakat sangat erat dengan alamKehidupan petani sangat bergantung pada musimDesa merupakan kesatuan social dan kesatuan kerjaStruktur perekonomian bersifat agrarisHubungan antar anggota masyarakat desa berdasar ikatan kekeluargaanPerkembangan social relatif lambatKontrol social ditentukan oleh moral dan hukum informalNorma agama dan adat masih kuat .Maaf yah kalau salah..................