Diketahui harga 1 kg buah anggur adalah tiga kali harga 1 kg buah duku. Jika Tino membeli 2 kg buah anggur dan 5 kg buah duku, ia harus membayar Rp38.500,00.
a) Berapakah harga 1 kg buah anggur dan 1 kg buah duku ?
b) Jika ia ingin membeli 4 kg buah anggur dan 5 kg buah duku, berapa yang harus dibayarnya ?

2

Jawabanmu

2014-01-29T16:44:37+07:00
A)buah aggur:10.500 dan buah duku:3.500                                                                   b)42.000 +17.500=59.500
Jawaban paling cerdas!
2014-01-29T16:53:32+07:00
1 a = 3d
a. 2 a + 5d = 3.2d + 5d = 6d + 5d = 11d =38.500
duku = 38.500/11d =3500 
anggur= 3d = 3. 3500 = 10500
jadi harga 1 kg duku adalah Rp.3500 dan harga 1 kg anggur adalah Rp.10500
b. 4a+5d= 4(10500) + 5(3500) = 42000 + 17500 = 59500
jadi harga 4 kg anggur dan 5 kg duku adalah Rp.59500 
ket:
a= anggur
d= duku


1 5 1