Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-06-01T12:37:23+07:00
Kongsi dagang milik belanda yang didirikan pada 20maret1602 yang bertujuan untuk memonopoli perdagangan di kawasan asia dan mengatasi persaingan dengan negara lain.
2014-06-01T12:39:56+07:00
Kongsi perdagangan hindia timur VOC (vereengde Oostindische compagnie) yg didirikan pada tgl 20 maret 1602 adalah persekutuan dagang asal belanda yg memiliki monopoli untuk aktifitas perdagangan di asia. di sebut hindia timur karena ada pula VWC yg merupakan persekutuan dagang untuk kawasan hindia barat. perusahaan ini di anggap sebagai perusahaan multinasional pertama di dunia. sekaligus merupakan perusahaan pertama yang mengeluarkan sistem pembagian dagang.