Ali akan membuat prisma segitiga sama sisi dengan seutas kawat. jika panjang rusuk rusuk alasnya 3 cm , sedangkan panjang sisi tegaknya 5 cm.bagaimana cara untuk mengetahui luas permukaan prisma yang dibuat oleh ali dan carilah panjang kawat yang digunakan oleh ali?

2

Jawabanmu

2014-06-01T11:26:11+07:00
Luas permukaan = 3.3.2 + 3+3+3 . 5
= 18 + 45
= 63 cm2

panjang kawat
= 3+3+3 .2 + 5.3
= 18 + 15
= 33 cm
Jawaban paling cerdas!
2014-06-01T11:30:08+07:00
Panjang kawat  = keliling prisma
k = 2(3+3+3) + 3(5)
k = 18 + 15
k = 33 cm

luas permukaan = 2 x luas alas + luas selimut
luas alas = 1/2 x alas segitiga x tinggi segitiga
tinggi segitiga = √3² - 1,5²
=√27/4
=3/2√3

luas alas = 1/2 x 3 x (3/2)√3
= (9/4)√3
luas selimut = 3(3 x 5)
= 45
luas permukaan = 2 x luas alas + luas selimit
= (9/2)√3 + 45 cm²
1 5 1