1)sebuah prisma dengan alas berbentuk belah ketupat. Keliling alas 40 cm dan panjang salah satu diagonalnya 12 cm. Jika tinggi prisma 15 cm, volume prisma tersebut adalah...
2)sebuah lingkaran berjari-jari 6 cm dan sebuah persegi sisi-sisinya menyinggung lingkaran tsb. panjang diagonal persegi adalah...
3)sebuah limas alasnya berbentuk jajar genjang dengan alas dan tinggi masing2 12 cm dan 10 cm. jika volume limas itu 600 cm3, tinggi limas tsb adalah...

2

Jawabanmu

2014-05-31T23:25:03+07:00
1. keliling alas 40 cm : 2 = 20 cm salah satu diagonal = 12 cm ; 2 = 6 cm. Kenapa dibagi 2 ? Biar jadi segitiga kan belah ketupat gabungan dr 2 segitiga
Nah 20^-6^ = 12^= 144 (phytagoras)
V belah ktpt = 1/2xd1xd2xt = 1/2x12x24x15 = 2160 cm3
Jawaban paling cerdas!
2014-05-31T23:25:16+07:00
1. K alas = 4s
40 = 4s
s = 10 cm
Volume = L alas x tinggi
V = 10 x 10 x 15 = 1500 cm3

2. r lingkaran = setengah dari panjang sisi persegi
jadi s = 12 cm
panjang diagonal persegi pake pitagoras
 \sqrt{ 12^{2} x  12^{2}  } = \sqrt{288} = 12 \sqrt{2}

3. V = 600 cm3
600 = (12 x 10) x tinggi
600 = 120t
t = 600 :120 = 5 cm
maaf yg pitagoras itu tandanya + bukan x