Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-05-31T22:23:11+07:00
Adapun ciri-ciri khusus cacing pada phylum Annelida yang membedakan dengan cacing lainnya adalah :

1.      Rongga tubuh, saluran pencernaan dan dinding tubuh merupakan coelom yang sebenarnya, dilapisi oleh epidermis yang bisanya disebut Peritonium.

2.      Tubuh terbagi atas ruas-ruas yang sering disebut metameri atau somi atau gelang.

3.      Pada bagian anterior terdapat ruas prae oral yang disebut prostemium.

4.      Sistem syaraf terdiri atas sepasang ganglion, dimana tiap-tiap ganglion dihubungkanoleh sepasang syaraf tangga tali.

5.      Tubuh dilapisi oleh lapisan kutikula, tetapi bahannya bukan dari kitin.

6.      Pada rongga tubuh terdapat sekat kitin yang disebut septum.

7.      Ditandai dengan setae yang berfungsi untuk gerak.

Karena banyak hal, terutama dari segmentasi tubuhnya secara melintang. Annelida sudah memiliki lebih banyak lapisan dibandingkan Nemathelminthes dan Platyhelminthes, sehingga memungkinkan ia memiliki lebih banyak fungsi fisiologis tubuh dibandingkan yang lain, misal peredaran darah secara tertutup dengan pembuluh darah, hingga terciptanya pemusatan sel syaraf membentuk struktur semacam otak.
2014-05-31T22:24:48+07:00
Annelida (dalam bahasa latin, annulus = cincin) atau cacing gelang adalah kelompok cacing dengan tubuh bersegmen. Berbeda dengan Platyhelminthes dan Nemathelminthes, Annelida merupakan hewan tripoblastik yang sudah memiliki rongga tubuh sejati (hewan selomata).Namun Annelida merupakan hewan yang struktur tubuhnya paling sederhana.