Bab Kemagnetan
Pertanyaannya!
1. Mengapa penjelajah yang tidak berpengalaman dalam menggunakan kompas dapat tersesat di dekat kutub geografis bumi?
2. Mengapa jarum kompas tidak tepat menunjuk arah utara-selatan?
ket: jawabnya jangan asal-asalan ya.. karna besok tugas ini mau dikumpulkan.. kalo bisa dijawab semua ya.. tolong bantuannya:)

2

Jawabanmu

2014-01-29T13:47:50+07:00
 1.
Kutub-kutub magnet tidak berimpit dengan kutub-kutub geografis (sumbu rotasi) Bumi. tetapi membentuk sudut sekitar 11,5º dengan sumbu rotasi bumi, yaitu pada:

a. Kutub utara magnet terletak di Canadian Artic Island 82.7° LU 114.4° BB (2005)

b. Kutub selatan magnet terletak di Coast of Antartica south of Tasmania 63.5° LS 138.0° BT (2004)

Jadi sumbu magnetik Bumi tidak simetris dengan koordinat geografis Bumi. Jika penjelajah berada di kutub utara, maka jarum utara kompas tidak akan menuju ke arah utara, melainkan ke arah barat. dan jika penjelajah berada di kutub selatan jarum kompas akan mengarah ke timur. Perlu diingat sumbu magnet Bumi tidak tetap, melainkan bergerak dengan lambat (lebih kecil dari 1° per tahun)
materi referensi:
2.

Tahukah kamu, menagapa jarum kompas selalu menunjuk arah utara dan selatan? jarum kompas selalu menunjuk arah utara dan selatan disebabkan tertarik oleh kutub selatan dan kutub utara magnet bumi. Kutub utara jarum kompas tertarik oleh kutub selatan magnet bumi yang berada disekitar kutub utara bumi. Sedangkan kutub selatan kompas tertarik oleh kutub utara magnet bumi yang terdapat disekitar kutub selatan bumi.


  
Kutub utara dan kutub selatan magnet bumi tidak berimpit dengan kutub utara dan kutub selatan bumi. Hal ini menyebabkan kutub utara dan kutub selatan magnet jarum kompas tidak menunjukkan arah utara dan selatan geografis, sehingga membentuk sebuah sudut yang disebut Deklinasi (D). Sudut deklinasi adalah sudut yang dibentuk oleh kutub utara-selatan jatum kompas terhadap arah utara-selatan geografis.



  Di daerah yang tepat diatas garis khatulistiwa, posisi jarum kompas dalam keadaan seimbang. Namun jika kompas dibawa mendekati kutub bumi jarum kompas akan condong keatas atau kebawah. Ketika dibawa mendekati kutub utara bumi, kutub utara jarum kompas condong kebawah karena tertarik oleh kutub selatan magnet bumi. Sedangakan ketika dibawa mendekati kutub selatan bumi, kutub selatan jarum kompas condong ke bawah karena tertarik oleh kutub utara magnet bumi. Kemiringan jarum kompas tersenut membentuk sudut inklinasi. Sudut inklinasi adalah sudut yang dibentuk oleh jarum kompas terhadap permukaan bumi.


3 5 3
2014-01-29T14:20:49+07:00
1.  Di daerah yang tepat diatas garis khatulistiwa,posisi jarum kompas dalam keadaan seimbang. Namun jika kompas dibawa mendekati kutub bumi jarum kompas akan condong keatas atau kebawah. Ketika dibawa mendekati kutub utara bumi, kutub utara jarum kompas condong kebawah karena tertarik oleh kutub selatan magnet bumi. Sedangakan ketika dibawa mendekati kutub selatan bumi,kutub selatan jarum kompas condong ke bawah karena tertarik oleh kutub utara magnet bumi.Kemiringan jarum kompas tersenut membentuk sudut inklinasi.Sudut inklinasi adalah sudut yang dibentuk oleh jarum kompas terhadap permukaan bumi.
2. jarum kompas selalu menunjuk arah utara dan selatan disebabkan tertarik oleh kutub selatan dan kutub utara magnet bumi. Kutub utara jarum kompas tertarik oleh kutub selatan magnet bumi yang berada disekitar kutub utara bumi. Sedangkan kutub selatan kompas tertarik oleh kutub utara magnet bumi yang terdapat disekitar kutub selatan bumi.
Kutub utara dan kutub selatan magnet bumi tidak berimpit dengan kutub utara dan kutub selatan bumi. Hal ini menyebabkan kutub utara dan kutub selatan magnet jarum kompas tidak menunjukkan arah utara dan selatan geografis, sehingga membentuk sebuah sudut yang disebut Deklinasi (D).Sudut deklinasi adalah sudut yang dibentuk oleh kutub utara-selatan jatum kompas terhadap arah utara-selatan geografis.