Nilai rata-rata ulangan IPA dari 20 siswa adalah 60. jika ditambah dengan sejumlah anak yang memiliki rata-rata 70,maka nilai rata-ratanya 62. banyak tambahan siswa tersebut adalah..
a. 2 orang
b. 4 orang
c. 5 orang
d. 6 orang

2

Jawabanmu

2014-05-31T19:09:15+07:00
60 . 20 + 70 . x / 20 + x = 62
1200 + 70x / 20 + x = 62
1200 + 70x = 1240 + 62x
8x = 40
x = 5 orang
maksudnya tanda / itu apa..?
Komentar sudah dihapus
makasih
Jawaban paling cerdas!
2014-05-31T19:18:04+07:00
Mean 20 siswa = 60
JUmlah nilai     = 60 × 20
                       = 1200
Mean n siswa   = 70
Jumlah nilai      = 70 × n
                       = 70n
Mean 20 dan n siswa = 62
Jumlah nilai               = 62 × (20 + n)

62 × (20+n)    = 1200 + 70n
1240 + 62n    = 1200 + 70n
1240 - 1200    = 70n - 62n
     40             = 8n
     5               = n
Jadi, jawaban yang benar adalah c. 5 orang
2 5 2