Jawabanmu

2014-05-31T17:45:18+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
~ biasanya tidak berbahaya bagi manusia, namun pada beberapa orang yang memiliki alergi pada racun tawon, sengatan yang disebabkan oleh tawon bisa berakibat fatal.
~Untuk mengatasi gejala lokal: Kompres daerah sengatan menggunakan es (kantung es) Beri obat golongan antihistamin untuk menguragi gatal ( misalnya: loratadine 10 mg 1×1, Terfenadine 60 mg 2×1, mebhydrolin napadisilate 50 mg 3×1, chlorpheniramine maleate 4 mg 3×1, cetrizine diHCl 10 mg 1×1, fexofenadine HCl 60 mg 1×1, dll ) Beri pereda sakit. Bila rasa sakit belum berkurang, dapat diberi suntikan lidokain 2% atau kombinasi lidokain 2% dan triamsinolon diasetat.
~Untuk mengatasi gejala menyeluruh (sistemik). Beri suntikan epinefrin 0,3-0,5 cc secara subkutan (di bawah kulit) dan dapat diulang 10 menit jika diperlukan. Untuk kasus yang berat, suntikan dapat diulang selama beberapa hari. Beri kortikosteroid. Beri antihistamin. Dapat juga diberikan kombinasi kortikosteroid dan antihistamin. Desensitisasi. Langkah ini ditempuh untuk orang-orang yang dalam kesehariannya beresiko tersengat lebah, misalnya: para pekerja ternak lebah.
gak terlalu bahaya kah? disuntik terus menerus
nggak kok