Jika pak Adhi memperoleh gaji 2.500.000.00 per bulan.Ia mempunyai seorang istri yang tidak bekerja dan mempunyai seorang anak.Hitunglah berapa pendapatan tidak kena pajak (PTKP) dan besarnya yang harus di bayar oleh pak adhi

mohon bantuannya teman-teman :):)

2

Jawabanmu

2014-05-31T17:11:00+07:00
Besar PTKP setahun = 24.300.000 + 2.025.000 = 26.325.000

penghasilan neto 1 tahun = 12 x 2.500.000 = 30.000.000

penghasilan kena pajak = penghasilan - PTKP = 30.000.000 - 26.325.000 = 3.675.000
pajak yg dikenakan bila penghasilan kena pajak < 50.000.000 adalah 5%

pajak setahun = 5% x 3.675.000 = 183.750

Jawaban paling cerdas!
2014-05-31T18:07:39+07:00
Penghasilan 30.000.000
PTKP keseluruhan ayah anak istri 15.600.000
PkP 14.400.000
dikali 5%
= 720.000 = pajak pertahun
pajak per bulan = 60.000

pendapatan tidak kena pajak nya = 15.600.000
1 5 1