Jawabanmu

2014-05-31T15:21:48+07:00
Elemen pokok tari adalah gerak. Rodolf laban pakar tari kreatif menyatakan bahwa gerak merupakan fungsional dari body (gerak bagian kepala, badan, tangan dan kaki), space ( ruang gerak yang terdiri dari level, jarak atau tingkatan gerak), time ( berhubungan dengan durasi gerak, perubahan sikap, posisi, dan kedudukan), dynamic (kualitas gerak menyangkut kuat, lemah, elastis dan penekanan gerakan). 
Elemen gerak tari meliputi ruang, waktu dan tenaga. Ruang adalah sesuatu yang harus diisi. Ruang dalam tari mencakup aspek gerak yang diungkapkan oleh seorang penari yang membentuk perpindahan gerak tubuh, posisi yang tepat, dan ruang gerak penari itu sendiri. Ruang gerak penari merupakan batas paling jauh yang dapat dijangkau penari. Ruang gerak penari tercipta melalui desain. 


1 5 1
2014-05-31T18:50:42+07:00
Menurut Susane K. Lenger, bentuk ekspresif ialah bentuk yang diungkapkan untuk menikmati dengan rasa. Gerak ekspresif adalah gerak yang dapat menggetarkan rasa/perasaan manusia. Adapun gerak yang indah adalah gerak yang disetilir yang didalamnya mengandung ritme tertentu. Jadi gerak tari dapat diartikan senagai expresi manusia yang diwujudkan dengan gerak yang ritmisyang indah,
1 5 1