Jawabanmu

2014-05-31T12:14:21+07:00
Frase adalah satuan lingguistik yang lebih besar dari kata dan lebih kecil dari klausa dan kalimat
Frasa atau frase adalah sebuah makanan linguistik. Lebih tepatnya, frasa merupakan satuan linguistik yang lebih besar dari kata dan lebih kecil dari klausa dan kalimat. Frasa adalah kumpulan kata nonpredikatif. Artinya frasa tidak memiliki predikat dalam strukturnya.
2014-05-31T12:15:23+07:00
Frasa atau frase merupakan satuan gramatikal yang terdiri atas dua kata atau lebih dari dua kata yang masing-masing unsurnya tidak menduduki fungsi. Sekilas kalau kita menelaah pengertian frase di atas mungkin kita masih bertanya-tanya sebenarnya frase itu apa. Secara bertahap akan diuraikan pengertian frase. Satuan gramatikal atau yang sering disebut satuan kebahasaan mulai dari yang paling sederhana hingga yang paling kompleks meliputi fon, fonem, morfem, kata, frase, klausa, kalimat, dan wacana. Dari tataran kebahasaan tersebut frase terletak di antara kata dan klausa. Itulah yang dimaksud dengan tataran kebahasaan. 
Frase terdiri atas dua kata atau lebih dari dua kata, maka dari itu yang dimaksud dengan unsur-unsurnya adalah yang terdapat pada kata pertama dan kata kedua. Misalnya frase meja kayu yang menjadi unsur inti adalah meja karena dalam hal ini kata tersebut dalam posisi yang diterangkan sedangkan kata kayu adalah yang menerangkan atau disebut sebagai unsur bawahan. Frase yang memiliki unsur inti dan unsur bawahan seperti yang demikian disebut sebagai frase atributif. 
Fungsi yang dimaksud dalam pengertian frase di atas adalah fungsi sintaksis yang meliputi subjek, predikat, objek, dan pelengkap. Jadi dalam pengertian tersebut dua unsur dalam frase (unsur inti dan unsur bawahan) masing-masing tidak menduduki fungsi atau dua unsur dalam frase tersebut menduduki satu fungsi.
Contoh kalimat: Adik sedang membaca buku.
satuan gramatik yang terdiri dari dua kata atau lebih yang tidak melampaui batas fungsi