Kotak Bola Hitam Bola Putih
I 3 5
II 6 2


Kotak I dan kotak II berisi bola hitam dan bola putih seperti pada tabel di atas.

Roni mengambil sebuah bola dari kotak I dan ternyata bola putih kemudian dimasukkan ke dalam kotak II. Selanjutnya, dari kotak II diambil sebuah bola secara acak, peluang terambil bola hitam adalah ...


a.  \frac{1}{3} c.  \frac{2}{3}

b.  \frac{1}{2} d.  \frac{3}{4}

2

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-05-31T09:49:52+07:00
Artinya didalam kotak 2 terdapat 6 bola hitam dan 3 bola putih (karena ditambahkan dari kotak 1)
jadi bola yang ada di kotak 2 ada 9 buah. maka peluang terambil bola hitam adalah
6 = 2
9    3
jadi jawabannya yang c
2 5 2
2014-05-31T09:54:20+07:00
Kotak II (sekarang) berisi 6 bola hitam dan 3 bola putih. total bola di kotak II adalah 9.
peluang terambil bola hitam secara acak :
P (A) = n(A)
          n (S)
        = 6C1
           9C1
         = 6
           9
         = 2/3 (c)
1 5 1