Jawabanmu

2014-05-31T08:02:31+07:00
1                Negosiasi adalah bentuk interaksi sosial yang berfungsi untuk mencapai kesepakatan di antara pihak-pihak yang mempunyai kepentingan yang berbeda. Dalam negosiasi, pihak-pihak tersebut berusaha menyelesaikan perbedaan itu dengan berdialog. Penyelesaian sengketa Sipadan-Lingitan antara Indonesia dan Malaysia adalah contoh negosiasi yang nyata.2                Negosiasi dilakukan karena pihak-pihak yang berkepentingan perlu membuat kesepakatan mengenai persoalan yang menuntut penyelesaian bersama. Tujuan negosiasi adalah untuk mengurangi perbedaan posisi setiap pihak. Mereka mencari cara untuk menemukan butir-butir yang sama sehingga akhirnya kesepakatan dapat dibuat dan diterima bersama. Sebelum negosiasi dilakukan, perlu ditetapkan terlebih dahulu orang-orang yang menjadi wakil dari setiap pihak. Selain itu, bentuk atau struktur interaksi yang direncanakan juga perlu disepakati, misalnya dialog langsung atau melalui mediasi.
2014-05-31T08:15:51+07:00
NEGOSIASI
Bentuk interaksi sosial yang berfungsi menerapkan keputusan di antara pihak-pihak yang mempunyai kepentingan yang berbeda.

Mungkin, yang kamu maksud lebih spesifik dengan ciri-ciri daripada negosiasi dari segi isinya :
1. Negosiasi menghasilkan kesepakatan, baik kedua belah pihak saling sepakat atau tidak.
2. Tiap-tiap pihak yang bernegosiasi memperjuangkan kepentingannya masing-masing.
3. Negosiasi merupakan sarana untuk mencari penyelesaian.
4. Negosiasi bertujuan praktis yaitu mencapai kesepakakatan yang dapat diterima oleh kedua belah pihak.

Dan mungkin tujuan daripada negosiasi :
1. Untuk mendapatkan atau mencapai kata sepakat.
2. Untuk mendapatkan atau mencapai kondisi penyelesaian.
3. Untuk mendapatkan atau mencapai kondisi saling menguntungkan dimana masing-masing pihak merasa menang (win-win solution).