Jawabanmu

2014-05-30T21:25:28+07:00
1.       Masuknya Islam ke Indonesia Di Leran (Gersik) terdapat makan seorang Islam bernama Fatimah binti Maemun yang berangka tahun 475 H (1082 M). Dalam perjalannya ke Cina, seorang musafir Venesia bernama Marco Polo singgah di Perlak (Peureula), Aceh Utara, pada tahun 1292. Dalam perjalanan ke Cina Ibnu Battutah, utusan Sultan Dehi (India), singgah raja Samudera Pasai giat menyebarkan agama Islam. Perkembangan agama Islam berangsur-angsur, dari abad ke-11 sampai 14.



Kesempatan itu digunakan oleh para pedagang Islam dari Gujarat, Persia dan Arab untuk menyebarkan agama Islam. Ketika kembali ke tanah air, para pedagang Indonesia singgah di beberapa pelabuhan.
Kerajaan Samudera Pasai merupakan kerajaan pertama yang menganut sistem pemerintahan bercorak Islam.


2.       Pembawa dan Penerima Agama Islam pada Awal Perkembangannya di Indonesia       Siapakah pembawa agama Islam ke Indonesia? Agama Islam masuk ke Indonesia dibawa oleh pedagang dari Gujarat, Persia dan Arab.       Karena pembawanya para pedagang, maka para pedagang Indonesia pulalah yang mula-mula menerima agama Islam. Hal itu terjadi di kota pelabuhan.
3.       Proses Berkembangnya Agama Islam di Indonesia Proses berkembangnya agama Islam sejalan dengan perdagangan dan pelayaran. Kapal yang melewati Selat Malaka pasti singgah di pelabuhan Malaka. Antara lain kapal-kapal dari Indonesia, Cina, India (Gujarat), Arab, Persia, dan Asia Tenggara. Ternyata perdagangan dapat menjadi jalur penyebaran agama Islam. Disamping itu masih ada jalur-jalur lain. Apa saja jalur itu? a.       Jalur perkawinan b.       Jalur pendidikan c.       Jalur dakwah d.       Jalur kesenian Agama Islam cepat berkembang atau meluas di Indonesia, adapun faktor-faktor yang menyebabkan agama Islam cepat meluas di Indonesia adalah: 1.       Syarat-syarat masuk agama Islam sangat mudah yaitu dengan mengucapkan kalimat syahadat. 2.       Upacara-upacara agama Islam sangat sederhana dibandingkan dengan agama Hindu 3.       Agama Islam tidak mengenal sistem kasta dan menganggap setiap manusia sama. 4.       Agama Islam yang menyebar di Indonesia telah di sesuaikan dengan adat dan tradisi bangsa Indonesia. 5.       Faktor politik yang ikut memperlancar penyebaran agama Islam yaitu runtuhnya kerajaan Majapahit sebagai kerajaan Hindu di Indonesia.


3 5 3