Penampilan sistem koloid pada umumnya keruh, tetapi tidak selalu begitu. Beberapa “larutan” koloid tampak bening dan sukar dibedakan dari larutan sejati. Bandingkanlah larutan K2CrO4 dengan sol As2S3 atau larutan I2 dengan Fe(OH)3.

Jawabanmu

2014-05-30T20:47:47+07:00
Kebanyakan iya
jadi jawaban nya iya
alasannya apa ya?
karena koloid memiliki sifat efek tyndall
terimakasih..
Jawaban paling cerdas!
2014-05-30T20:53:04+07:00
Penampilan sistem koloid pada umumnya keruh, tetapi tidak selalu begitu. Beberapa “larutan” koloid tampak bening dan sukar dibedakan dari larutan sejati.
Nah untuk membedakan koloid yang bening dengan larutan sejati yaitu
dengan menjatuhkan seberkas cahaya kepada obyek. Larutan sejati meneruskan cahaya (transparan), sedangkan koloid menghamburkannya. Oleh karena itu, berkas cahaya yang melalui koloid dapat diamati dari arah samping walaupun partikel koloidnya sendiri tidak tampak. Jika partikel terdispersinya juga kelihatan, maka sistem itu bukan koloid melainkan suspensi.
Semoga membantu :)