Jawabanmu

2014-05-30T19:43:47+07:00
rakyat indonesia menjadi sengsara karena hasil tanam x diberikan kepada belanda(kalau pada masa penjajahan belanda...)
Jawaban paling cerdas!
2014-05-30T19:45:03+07:00
Akibat Aturan Tanam Paksa Bagi Rakyat Indonesia
Sisi Positif:Petani mengalami jenis tanaman baru dari luar negeri.Petani mengetahui daerah-daerah yang sesuai untuk jenis tanaman tertentu.Petani mengetahui cara mengelola tanah dan memelihara tanaman ekspor.Pasar internasional mengetahui hasil tanaman perdagangan Indonesia.
Sisi Negatif:Lahan pertanian rakyat menjadi terbengkalai karena tidak terurus.Gagal panen pertanian rakyat sehingga petani mengalami kerugian besar.Timbul kelaparan, kemiskinan, wabah penyakit, dan kematian.Mental bangsa turun karena selalu tertekan.
1 5 1