TOLONG YA SAMA CARANYA !!
1.) nilai rata-rata ulangan matematika dari sekelomok siswa adalah 8,4. jika 4 orang dengan nilai rata-rata 7,4 digabungkan , maka rata-ratanya menjadi 8,2 . banyak anak pada kelompok semula adalah ???


2.) nilai : 5 , 6 , 7 , 8 , 9 .
frekuensi : 4 , n , 14 , 12 , 2 .
jika mean data di atas adalah 7,0 maka nilai n adalah ......

2

Jawabanmu

2014-05-30T13:47:17+07:00
X/n = 8,4 atau x = 8,4n
(x + 29,6)/(n+4) = 8,2
8,4n + 29,6 = 8,2n + 32,8
0,2n = 3,2
n = 16
banyak orang semula 16
no 2 nya mna ?
no 2
7(32 + n) = 20 + 6n + 98 + 96 + 18
224 + 7n = 232 + 6n
n = 8
29,6 nya dri mna ? trz kok bsa n+ 4 = 8,2 ? trz kok tba' hslnya 0,2n=3,2 ?
yg no 2 it abs angka 18 ada tnda tmbhnya gak ?
Jawaban paling cerdas!
2014-05-30T13:59:56+07:00
Misalkan jumlah anak semula adalah x
(8,4 X x) + (7,4 X 4) = 8,2 (x+4)
8,4x + 29,6 = 8,2x + 32,8
8,4x - 8,2x = 32,8 -29,6
0,2x = 3,2
x =  \frac{3,2}{0,2}
x = 16
jadi jumlah anak semula ada 16 orang


mean =  \frac{(5X4)+(6Xn)+(7X14)+(8X12)+(9X2)}{4+n+14+12+2}  \\ \\  7 =  \frac{20+6n+98+96+18}{4+n+14+12+2}  \\  \\ 7 =  \frac{232+6n}{32+n}  \\  \\ 7(32+n) = 232 + 6n \\ 224 + 7n = 232 + 6n \\ 7n - 6n = 232 - 224 \\ n = 8
iya dek, sama2.. m'f mbak gk pnya fb
yach , sayng bngt .... klo di fb lbh enak nanyanya
yaa gmna lg dek
klo nope'a brp ?
m'f y dek, bknnya gk mau ngasih, tp dsini tempat umum. kalo mau lewat yahoo messenger aja