Jawabanmu

2014-05-30T12:15:13+07:00
Permisi, saya coba bantu ini ada referensi mengenai soal yang kamu ajukan.

zona abyssal, tempat yang sangat dalam dan gelap dilaut an. Lapisan ini berada di kedalaman 4000 - 6000 meter!! Hewan-hewan yang hidup di dalam lapisan ini juga merupakan makhluk hidup yang unik.
Tubuh mereka beradaptasi sesuai dengan karakteristik dari lingkungan dizona tersebut. Karakteristik tersebut antara lain cahaya, tekanan, suhu, oksigen, dan makanan. Karena sangat dalam dan gelap, lapisan abyssal tidak mendapat cahaya. Sehingga sebagian besar dari makhluk hidup di lapisan ini memiliki tubuh yang menghasilkan cahaya biru-hijau (bioluminescence). Selain itu, mereka juga memiliki mata yang lebih besar untuk menangkap cahaya lebih banyak.

Karenazona abyssal terletak di kedalaman 4000 - 6000 meter, tekanan yang dimiliki sangat besar yaitu mencapai 600 atm. Oleh karena itu, makhluk hidup di lapisan ini memiliki kulit yang berongga dan tulang yang lunak dan fleksibel. Sehingga mereka mampu beradaptasi dengan tekanan tinggi.Suhu dalam lapisan ini dingin dan memiliki oksigen tipis. Sehingga makhluk hidup di dalamnya harus bergerak secara efektif. Mereka juga harus pandai memanfaatkan momen yang ada. Sebagai contoh, jumlah oksigen dilaut dalam akan meningkat dengan penurunan tekanan permukaan.Binatang juga harus efektif terhadap makanan, karena makanan termasuk sulit ditemukan di lapisan ini. Penghuni abyssal mengambil keuntungan dari detritus, bakteri pengurai makhluk hidup yang sudah mati. Atau, jika beruntung, bangkai hewanlaut permukaan yang mati dapat masuk lapisan ini. Dengan cara itu, hukum rimba berlaku. Siapa cepat, dia dapat. Oleh karena itu, struktur mulut makhluk-makhluk dalam lapisan abyssal dilengkapi dengan mulut yang besar dan gigi yang tajam. Bentuk-bentuk adaptasi yang telah disebutkan diatas dapat kita temukan pada viper fish, gulper eel dan angler fish. Viper fish memiliki kulit yang bercahaya (bioluminescence) dan gigi taring panjang yang menghiasi rahang.
semoga bermanfaat :) maaf jika kurang lengkap
panjang banget
gak ada singkatnya itu
kalo disuruhnya jelaskan biasanya panjang :p heheheheh
tapi gak jg panjang - panjang.
yaudah crop aja bagian yang pentingnya :)
2014-05-30T14:05:48+07:00
Zona abyssal adalah lapisan abyssopelagic atau zona pelagis yang berisi sangat dalam bentik masyarakat dekat bagian bawah lautan.