Jawabanmu

2014-05-30T11:18:43+07:00
1. Jumlah negara anggota ASEAN sekarang ini adasepuluh negara. Dari sepuluh negara tersebut tidaksemuanya berperan sebagai pendiri ASEAN. PendiriASEAN, antara lainIndonesia, Singapura, Malaysia, Filipina, danThailand. Negara anggota ASEAN yang tidak ikutsebagai pendiri, antara lain BruneiDarussalam, Vietnam, Kamboja, Laos, dan Myanmar. 2. pemerintah Indonesia juga pernah menjadi tuan rumahpertemuan kepala pemerintahan dan kepala negaraASEAN. Pada bulan Oktober 2003, Bali menjaditempat pertemuan kepala negara dan kepalapemerintahan ASEAN. 3. Melihat kejadian yang berlarut-larut diKamboja, Indonesia berusaha untukmendamaikan pihak-pihak yang bertikai atauberperang dengan cara mempertemukanmereka dalam suatu perundingan. Akhirnya,dibentuklah Jakarta Informal Meeting (JIM).Artinya, pertemuan tidak resmi yangdiadakan di Jakarta tahun 1988. 4. Beberapa negara di kawasan AsiaTenggara sedang terganggu stabilitaskeamanannya. Hal itu menyebabkan terjadinyapengungsian besar-besaran ke negara tetangga.Indonesia menyediakan pulau Galang untukpersinggahan sementara.
1 5 1
Jawaban paling cerdas!
2014-05-30T11:19:46+07:00
1. penyumbang penting gagasan stabilitas asia tenggara
2. sebagai salah satu perintis organisasi ASEAN
3. sebagai penyelenggara KTT ASEAN pertama
4. ikut aktif menjalin hubungan ASEAN  dengan negara-negara maju
1 5 1