Jawabanmu

2014-05-30T10:10:02+07:00
1. Elastisitas permintaan sering disebut elastisitas harga (price elasticity of demand). Elastisitas permintaan mengukur persentase perubahan jumlah barang yang diminta terhadap persentase perubahan harga barang itu sendiri. Dengan kata lain elastisitas harga merupakan proporsi perubahan jumlah barang yang diminta dibagi proporsi perubahan harga barang itu sendiri.
2. a. Permintaan Elastis
Permintaan elastis menunjukkan bahwa persentase perubahan jumlah yang diminta lebih besar dari persentase perubahan harga. Dengan kata lain, jumlah yang minta sangat responsif terhadap perubahan harga.
b. Permintaan Inelastis
Permintaan inelastis menunjukkan bahwa persentase perubahan jumlah barang yang diminta lebih kecil dari persentase perubahan harga.
c. Permintaan Elastis Satuan (Unitary)
Keadaan ini terjadi bila kurva permintaan membentuk sudut 45° dengan sumbu horizontal maupun dengan sumbu vertikal (sering disebut juga sebagai elastisitas tunggal).
d. Permintaan Elastis Tak Terhingga
Keadaan yang ekstrem adalah di mana koefisien elastisitas harga tak terhingga. Bentuk kurva permintaannya horizontal, artinya apabila harga naik sedikit saja dari P0, maka jumlah yang diminta menjadi nol, sedangkan kalau harga turun sedikit saja dari P0, maka jumlah yang diminta berubah secara tak terhingga.
e. Permintaan Inelastis Sempurna
Keadaan ekstrem lainnya adalah kurva permintaan yang inelastis sempurna, yaitu kurva permintaan yang berbentuk lurus vertikal. Dalam hal ini permintaan sama sekali tidak peka terhadap perubahan harga. Perubahan harga sebesar berapa pun tidak akan menyebabkan perubahan kuantitas yang diminta.

3. Elastisitas penawaran mengukur respons (kepekaan) jumlah barangyang ditawarkan akibat perubahan harga.
4. a. Penawaran Elastis
Penawaran elastis menunjukkan bahwa persentase perubahan jumlah yang ditawarkan lebih besar daripada persentase perubahan harga.
b. Penawaran Inelastis
Penawaran inelastis menunjukkan bahwa persentase perubahan jumlah yang
ditawarkan lebih kecil daripada persentase perubahan harga.
c. Penawaran Elastis Satuan
Keadaan ini terjadi bila kurva penawaran membentuk sudut 45° dengan sumbu horizontal maupun dengan sumbu vertikal. Pada keadaan ini persentase perubahan jumlah barang yang ditawarkan benar-benar sama dengan persentase perubahan harganya. Besarnya koefisien elastisitas dengan demikian sebesar 1.
d. Elastis Tak Terhingga (Es = ~)
Penawaran yang elastis tak terhingga berarti penawaran berubah dengan jumlah yang tak terhingga karena perubahan harga yang sangat kecil saja. Ini memang kasus yang ekstrem dan tidak ada dalam kenyataan. Bentuk kurva penawarannya merupakan garis lurus horizontal.
e. Inelastis Sempurna (Es = 0)
Kurva penawaran yang inelastis sempurna berbentuk vertikal. Kurva ini menunjukkan jumlah yang sama (Q0) akan ditawarkan berapa pun harganya.
terimakasih mohon maaf jika ada yang salah :)
1 5 1