Jawabanmu

2014-05-29T21:43:50+07:00
Pembentukan antigen  Di dalam tubuh manusia, antibodi dihasilkan oleh organ limfoid sentral yang terdiri atas sumsum tulang dan kelenjar timus, terutama oleh sel-sel limfosit. Ada dua macam sel limfosit, yaitu sel limfosit B dan sel limfosit T. Kedua sel ini bekerja sama untuk menghasilkan antibodi dalam tubuh. Baik antibodi maupun antigen keduanya mempunyai hubungan spesifi k yang sangat khas. Keadaan ini terlihat sewaktu antigen masuk ke dalam tubuh. Saat itu, dengan seketika sel limfosit T mendeteksi karakteristik dan jenis antigen. Kemudian sel limfosit T bereaksi cepat dengan cara mengikat antigen tersebut melalui permukaan reseptornya. Setelah itu, sel limfosit T membelah dan membentuk klon. Sementara pada permukaan membrannya menghasilkan immunoglobulin monomerik.
Berikutnya, molekul antigen dan molekul antibodi saling berikat an dan ikatan kedua molekul ini ditempatkan pada makrofaga. Secara berurutan, makrofaga menghadirkan antigen pada sel limfosit B. Lantas, sel limfosit B berpoliferasi dan menjadi dewasa, sehingga mampu membentuk antibodi untuk masing-masing antigen
4 3 4
2014-05-29T22:34:59+07:00
Antigen merupakan zat asing yang masuk ke tubuh yang merespon tubuh untuk megeluarkan antibodi. sel b menangkap antigen yang masuk. lalu sel t peolong datang dan mengaktifkan sel b untuk membelah menjadi sel b memori dan sel b plasma. sel b plasma mengeluarkan antibodi yang mengelilingi antigen lalu membunuh antigen tersebut. lalu sel b memori mengingat jenis antigen yang masuk sehingga apabila antigen tersebut masuk lagi, pembunuhan antigen lebih cepat.
1 5 1