Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-05-29T18:36:12+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
DAMPAK DARI DEGRADASI LAHAN 

1.       Perubahan kondisi iklim
Tumbuhan berfungsi untuk meningkatkan penguapan melalui dedaunan (transpirasi) dan menyerap panas. Jika tumbuhan itu banyak ditebang maka suhu udara akan berkurang dan penguapan semakin berkurang.
2.       Hilangnya spesies
Spesies makhluk hidup yang ada di dalam hutan menjadi hilang atau bahkan punah karena hutan sebagai habitatnya mengalami kerusakan. Sebagian hewan bermigrasi ke wilayah lain yang kondisi hutannya lebih baik atau terpaksa masuk ke pemukiman penduduk, merusak kebun atau mengganggu aktifitas manusia
3.       Kerugian ekonomi
Kehilangan berbagai jenis spesies makhluk hidup karena rusaknya lahan menimbulkan kerugian yang tak ternilai harganya.
4.       Banjir
Banjir akan semakin sering terjadi karena berkurangnya infiltrasi dan meningkatnya limpasan permukaan
5.       Berkembangnya masalah kemiskinan di kalangan petani
Berkembangnya masalah kemiskinan di kalangan petani ini ternyadi karena produktifitas lahannya terus menurun.
6.       Terjadinya erosi
Terbukanya lahan karena kerusakan hutan memungkinkan terjadinya erosi yang sangat intensif pada lahan sehingga tanah menjadi tidak subur.
7.       Hilangnya nilai estetika
Nilai estetika dari keanekaragam tumbuhan dan hewan yang hidup pada suatu lahan menjadi hilang.
8.       Berkurangnya hasil-hasil hutan yang bernilai
Hasil-hasil hutan yang secara ekonomi dapat memberikan keuntungan seperti kayu, buah-buahan, dan tanaman obat akan berkurang atau bahkan hilang.  
2 3 2
2014-05-29T18:36:53+07:00
3 dampak yang ditimbulkan akibat degradasi lahan yaitu erosi, curah hujan intensif dan kebakaran hutan