buatlah soal PG dan pembahasannya tentang indikator asam

basa alami maupun buatan..


salah satu contoh soalnya kayak gini nih..


Suatu indikator memberi warna merah dengan larutan kapur sirih. indikator ini

akan berwarna merah juga dalam..


a. air jeruk


b. larutan cuka


c. larutan gula


d. larutan garam dapur


e. larutan sabun




dengan pembahasannya ya…

1

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-05-29T20:07:08+07:00
1, Seorang anak mencoba mencelupkan kertas lakmus biru ke dalam larutan A ternyata kertas lakmus berubah warnanya merah ,lalu kertas lakmus merah di celupkan kedalam larutan B , kertas lakmus tidak berubah warna, kesimpulan yang benar tentang kedua larutan adalah…
a. Larutan A dan B bersifat Garam
b. Larutan A bersifat  Asam dan Basa
c. Larutan A bersifat Asam larutan B bersifat Basa
d. Larutan A bersifat Asam larutan B bersifat Asam
e. Larutan A dan B bersifat Basa
jawab : C
kertas lakmus biru
larutan A mejadi merah ->
 asam , karena asam memerahkan lakmus
Larutan B tidak berubah ->  basa, karena membirukan lakmus
2, Contoh asam yang dapat dijumpai sehari-hari ialah… kecuali
a. Sabun               b. vitamin C              c. cuka            d. Garam Dapur

Jawab : A
Sabun -> basa
Vit C -> asam
Cuka -> asam
Garam dapur  -> netral
3, Sifat larutan dapat ditunjukkan dengan menggunakan alat…
a. Pewarna                                          c. penetralan
b. indikator asam basa                      d. gelas kimia

Jawab : B
Indikator asam basa merupakan alat yang digunakan sifat larutan, indikator asam basa dibedakan menjadi alami dan  indikator yang telah ada.
selain itu juga dapat menggunakan pH meter dan kertas lakmus
4, Berikut termasuk indikator alami, yaitu…
a. Bunga sepatu, kunyit                         c. kulit manggis, lengkuas
b. Jahe lengkuas                                     d. jahe, kubis, ungu

Jawab: A
Indikator alami : bunga sepatu, kunir/kunyit, kulit manggis.  
4 4 4
bisa gak kamu buat pembahasannya soal yg gw contohin itu
Sedikit pembetulan ya
Suatu indikator memberi warna biru dengan larutan kapur sirih. indikator ini
akan berwarna merah juga dalam..
(yang bener biru bukan merah, soalnya kapur sirih bersifat basa)
Penyelesaian
kapur sirih -> basa
air jeruk -> asam
larutan cuka -> asam
larutan gula -> netral
larutan garam dapur -> netral
larutan sabun -> basa
Karena kapur sirih sama seperti larutan sabun berarti jawabannya E
oke makasih banyak kamu pintar banget :D
heheehe sama-sama ,, semua orang pintar kok :)
iya....
boleh minta bantuan lagi gak ini pr gue yg belum terjawab...
poinnya besar kok..
-brainly.co.id/tugas/219439
-brainly.co.id/tugas/219300
-brainly.co.id/tugas/219627
pliss bantu gw yahh....:D