Tolong dibantu sekarang yah teman-teman :)

1. Hitunglah massa dari 2 mol karbon dioksida (Ar H = 1 C= 12 O = 16 )
2. Dalam 7,5 gram suatu hidrokarbon ( Atom C dan H ) terdapat 6 gram karbon Mr senyawa 30 . Tentukan rumus empiris dan rumus molekul senyawa tersebut.

2

Jawabanmu

2014-05-29T14:11:24+07:00
1. m = n x Mr
Mr CO2 = 12 + 32 = 44
m = 2 x 44 = 88 g
Jawaban paling cerdas!
2014-05-29T15:09:29+07:00
1. gr CO2= molxar
               2x42= 88gr
2.massa H = 7,5- 6= 1,5

RE :
mol C : mol H
gr/ar    : gr/ar
6/12    :   1,5/1
0,5      : 1,5
1         :  3
RE : CH3

RM
mr  CH3 = (1X ar C ) + (3x ar H)n
15      = (1X12) +( 3X1)n
15       =( 12+3)n
15      = 15n
n        = 1

(CH3)1 = CH3
1 5 1