1. identifikasilah 4 tujuan kebijakan moneter !
2. bagaimana hubungan jumlah uang beredar dan kebijakan operasi pasar terbuka ?
3. jelaskan pengertian kebijakan devaluasi !
4. apa tujuan bank indonesia menaikkan cadangan kas minimum ?
5. jelaskan dampak yang timbul akibat diberlakukannya kebijakan penurunan tingkat suku bunga kredit !

1

Jawabanmu

2014-05-30T11:54:01+07:00
Saya coba jawab ya :)
1.   a.  Menjaga kestabilan ekonomi, artinya pertumbuhan arus barang dan jasa seimbang dengan pertumbuhan arus barang dan jasa yang tersedia.
b.     Menjaga kestabilan harga, artinya harga suatu barang merupakan hasil interaksi antara jumlah uang yang beredar dengan jumlah uang yang tersedia di pasar c.     Mengedarkan mata uang sebagai alat pertukaran (medium of exchange) dalam perekonomian.
d.     Mempertahankan keseimbangan antara kebutuhan likuiditas perekonomian dan stabilitas tingkat harga.
2. Operasi Pasar Terbuka (Open Market Operation) Operasi pasar terbuka adalah cara mengendalikan uang yang beredar dengan menjual atau membeli surat berharga pemerintah (government securities). Jika ingin menambah jumlah uang beredar, pemerintah akan membeli surat berharga pemerintah. Namun, bila ingin jumlah uang yang beredar berkurang, maka pemerintah akan menjual surat berharga pemerintah kepada masyarakat. Surat berharga pemerintah antara lain diantaranya adalah SBI atau singkatan dari Sertifikat Bank Indonesia dan SBPU atau singkatan atas Surat Berharga Pasar Uang.
3. DEVALUASI, kebijakan pemerintah untuk menurunkan nilai mata uang dalam negeri terhadap valuta asing dengan sengaja. Deflasi dapat di atasi dengan cara pemerintah menambah pembelanjaan, masyarakat menambah pengeluaran.
4. Yaitu untuk dapat mempengaruhi jumlah uang yang beredar. Jika dalam keadaan inflasi, maka yang dilakukan bank sentral adalah menaikkan cadangan wajib minimum bank-bank umum untuk mengurangi jumlah uang yang beredar.

5. kalo jawaban yang nmor 5 ini menurut saya pribadi dampak yang timbul akibat penurunan tingkat suku bunga kredit maka para konsumen akan beralih untuk melakukan kredit lebih besar dikarenakan suku bunga kredit yang diberikan turun.
terimakasih mohon maaf jika ada yang salah :)

 
3 3 3