Jawabanmu

2014-05-28T16:07:21+07:00
Cara-cara penyelesaian secara damai meliputi:

1)      Arbitrase (arbitration)

Arbitrase pada hakikatnya merupakan suatu konsensus atau kesepakatan bersama di antara para pihak yang bersengketa. Suatu negara tidak dapat dipaksa untuk dibawa ke muka pengadilan arbitrase, kecuali jika mereka setuju untuk melakukan hal tersebut. Proses ini dilakukan dengan cara menyerahkan penyelesaian sengketa kepada orang-orang tertentu, yaitu arbitrator. Arbitrator dipilih secara bebas oleh para pihak yang bersengketa. Mereka itulah yang memutuskan penyelesaian sengketa, tanpa terlalu terikat pada pertimbangan­ pertimbangan hukum.

2)      Penyelesaian yudisial

Penyelesaian yudisial yaitu suatu penyelesaian sengketa internasional melalui suatu pengadilan internasional yang dibentuk sebagaimana mestinya, dengan memberlakukan kaidah-kaidah hukum. Lembaga pengadilan internasional yang berfungsi sebagai organ penyelesaian yudisial dalam masyarakat internasional adalah International Court of Justice.

3)      Negosiasi, jasa-jasa baik, mediasi, konsiliasi, dan penyelidikan

Tindakan ini merupakan cara-cara penyelesaian yang kurang begitu formal dibandingkan dengan arbitrase atau penyelesaian yudisial.

Negosiasi berarti pertukaran pendapat dan usul antarpihak sengketa untuk mencari kemungkinan tercapainya penyelesaian sengketa secara damai. Negosiasi melibatkan diskusi langsung antarpihak sengketa, tidak ada pihak War terlibat dalam proses. Negosiasi merupakan dialog yang berkesinambungan antarpara pihak.

Jasa-jasa balk (good offices) adalah tindakan pihak ketiga yang membawa ke arah negosiasi atau memfasilitasi ke arah terselenggaranya negosiasi, dengan tanpa berperan serta dalam diskusi mengenai pokok sengketa yang bersangkutan.

Mediasi adalah tindakan negara ketiga atau individu yang tidak berkepentingan dalam suatu sengketa internasional yang bertujuan membawa ke arah negosiasi sekaligus berperan serta dalam negosiasi pihak sengketa tersebut. Mediator berperan aktif demi tercapainya penyelesaian sengketa.

Konsiliasi mempunyai arti yang luas dan sempit. Dalam pengertian luas, konsiliasi mencakup berbagai jenis metoda untuk menyelesaikan sengketa internasional secara bersahabat dengan bantuan negara lain atau badan pemeriksa yang tidak memihak atau Komite Penasihat. Dalam arti sempit, konsiliasi merupakan pengajuan sengketa kepada suatu komite yang akan membuat laporan, disertai usul penyelesaian bagi para pihak yang bersengketa. Usulan tersebut memiliki sifat mengikat.

Penyelidikan adalah suatu cara menyelesaikan sengketa secara damai dilakukan dengan tujuan menetapkan suatu tahta yang dapat digunakan untuk memperlancar suatu perundingan.