1. Apa yang dimaksud suku bangsa dan apa ciri yang membedakan suku bangsa satu dan suku lain ?
2 sebut dan jelaskan 3 lembaga perekonomian sesuai ps. 33 UUD 1945
3. apa nama rumah adat dan bagaimna bentuknya
a. Jawa Barat
b. papua
c. sumatera barat

2

Jawabanmu

2014-05-28T14:44:19+07:00
1. suku bangsa adalah kesatuan sosial yang dapat dibedakan dari kedatuan sosial lain berdasarkan kesadaran akan identitas perbedaan kebudayaan, khususnya bahasa.
yang membedakan suku bangsa satu dengan yang lain adalah kebiasaan hidup mereka
3. jawa barat: rumah adat kesepuhan. atapnya sama seperti rumah joglo
papua: rumah honai. atapnya terbuat dari jerami
sumatera barat: rumah gadang. atapnya bergonjong, terdiri dari 9 ruang. di depannya ada lumbung padi tempat menyimpan padi
makasih :)
2. Menurut pasal 33 dari ayat ke-1 sampai ke-5 menyatakan bahwa semua kekayaan berupa alam, bumi, dan air, diataur oleh Negara atau pemerintah yang berjabat selama periode yang berlaku. Dan perekonomian yang diatur diolah sebagai usaha bersama atau berdasarkan asas kekeluargaan agar masyarakat merasa makmur dan dapatkan penghasilan yang bisa memberinya hidup.
Sehingga dibentuklah lembaga-lembaga yang ditugasi untuk mengurusi dan mengelola elemen-elemen alam milik bumi Indonesia. Contohnya saja negara kita memiliki beberapa BUMN (Badan Usaha Milik Negara) yang mengurusi hal-hal tersebut seperti, PAM (Perusahaan Air Minum), Lemigas (Lembaga Minyak dan Gas), Pertamina, PLN (Perusahaan Listrik Negara), dan lain sebagainya. Ini semua menunjukan negara sudah menjalankan kewajibannya sesuai amanah ayat pasal di atas untuk tahap pertama
2014-05-28T15:00:49+07:00
1. 
a. Suku bangsa adalah:
- Masyarakat/kesatuan manusia yang tinggal dalam suatu wilayah tertentu.
- Kesatuan sosial yang dapat dibedakan dari kesatuan sosial lain berdasarkan kesadaran akan identitas perbedaan kebudayaan.
- Himpunan manusia karena kesamaan ras, agama, asal-usul bangsa, ataupun kombinasi  dari kategori tersebut yang terikat pada sistem nilai budaya (Fredrick Barth)
- Segolongan rakyat yang masih dianggap mempunyai hubungan biologis (Hassan Shadily M.A.)
- Kelompok sosial dalam sistem sosial atau kebudayaan yang mempunyai arti atau kedudukan tertentu karena keturunan, adat, agama, bahasa, dan sebagainya (Ensiklopedia Indonesia)
- Hasil dari adanya pengaruh yang berasal dari luar kelompok (Perspektif Teori Situasional).
- Kelompok spesifik yang mempunyai kesamaan latar belakang.
b. Ciri yang membedakan suatu suku bangsa dengan suku bangsa yang lain adalah agama, kebudayaan, adat, keturunan, sejarah, bahasa, dll.
3. 
a. Jawa Barat : Keraton Kasepuhan Cirebon




b. Papua : Rumah Honai


c. Sumatera Barat : Rumah Gadang