karena jepang menyerah tanpa syarat kpd sekutu dan bertepatan dgn itu indonesia mengalami kekosongan pemimpin
karna terjadinya perselisihan antara golongan muda dan golongan tua.
klo terjadi perselisihan pemuda iti kan klo gk salah tentang proklamasi ???
jepang menyerah tanpa syarat pada sekutu, berita kekalahan yang disembunyikan itu tersiar melalui radio DOMEI. golongan muda yang mendengar pidati hirohito dari radio DOMEI adalah sutan syahrr.

Jawabanmu

2014-05-28T13:01:20+07:00
Karna belum ada yang menjadi pemimpin negara pada saat itu, sehingga kedudukan negara semakin terdesak
selain itu?
karena jepang menyerah tanpa syarat kpd sekutu dan bertepatan dgn itu indonesia mengalami kekosongan pemimpin
Jawaban paling cerdas!
2014-05-28T13:05:52+07:00
Bulan Desember 1941 Jepang melancarkan agresi militernya ke Asia Timur dan Asia Tenggara. Bulan Januari 1942 balatentara Dai Nippon menyerbu ke wilayah India-Belanda, dan dalam waktu singkat menduduki hampir seluruh jajahan Belanda. Pada 9 Maret 1942 di Pangkalan Udara Kalijati dekat Subang, Jawa Barat, Jenderal Hein ter Poorten sebagai Panglima Tertinggi tentara Belanda di India-Belanda, mewakili Gubernur Jenderal Jonkheer Tjarda van Starkenborgh Stachouwer, secara resmi menandatangani dokumen MENYERAH TANPA SYARAT kepada tentara Jepang di bawah pimpinan Letnan Jendral Hitoshi Imamura. Tentara Belanda yang “perkasa” secara sangat pengecut dan memalukan, hampir tanpa perlawanan sedikit pun, menyerah kepada tentara Jepang. Sangat memalukan bagi mereka, karena dengan demikian hilanglah mitos superioritas ras kulit putih, yang telah menyatakan diri sebagai ras unggul yang tak terkalahkan, ternyata dapat dikalahkan oleh bangsa Asia!
Dengan demikian, 9 Maret 1942,  merupakan penyerahan kewenangan atas wilayah India-Belanda kepada Jepang.
3 4 3
2014-05-28T13:13:19+07:00
Karena jepang menyerah tanpa syarat dan ketika itu pula indoneaia dalam keadaan vaccum of power (tidak ada satupun yg berkuasa di indonesia).