Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-05-28T12:41:03+07:00
Cara membuat kompas sederhana :
- siapkan gelas atau mangkok dan isi air secukupnya
- ambil jarum pentul atau jarum untuk menjahit atau peniti atau sejenisnya
- siapkan kertas tipis kering dan potong sampai bisa masuk pada gelas dengan leluasa
- tusukan jarum pada kertas tsb
- letakan pada gelas atau mangkok jangan sampai tenggelam

Kertas bersama jarumnya akan secara perlahan otomatis bergerak ke arah kutub
Jika sudah diam berarti sudah menunjuk kutub dengan Ujung yg runcing adalah Utara dan sebaliknya….

Bahan lain yg bisa digunakan :batang magnet, magnet bekas speaker, CD, dll… :)
2014-05-28T12:49:02+07:00
Gosokan magnet (magnet apa saja) pada jarum, tusuk jarum pada benda yang dapa mengambang di air, lalu taruh di atas genangan air. Jika ujung tajam jarum menunjuk ke arah X, maka arah X adalah utara.