Jawabanmu

2014-05-28T04:40:03+07:00
(a+5b)+(a+8b)+(a+11b)+(a+14b) = 20
4a + 38b = 20
2a + 19b = 10

Sn = (n/2)(2a + (n-1)b)
S20 = (20/2)(2a + (20-1)b)
        = 10(2a + 19b)
        = 10 x 10
         = 100
3 3 3
Jawaban paling cerdas!
2014-05-28T12:00:29+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Soal :
Suatu deret aritmetika diketahui U6 + U9 + U12 + U15 = 20. Tentukan S20
Jawaban :
Rumus Umum :
Un = a + (n - 1)b

Sehingga :
U₆ = a + 5b

U₉ = a + 8b

U₁₂ = a + 11b

U₁₅ = a + 14b

Sehingga :
U₆ + U₉ + U₁₂ + U₁₅ = 20
(a + 5b) + (a + 8b) + (a + 11b) + (a + 14b) = 20
a + a + a + a + 5b + 8b + 11b + 14b = 20
4a + 38b = 20        [masing -masing bagi 2], sehingga :
2a + 19b = 10

Maka Untuk S₂₀ :
Sn = n/2 × {2a + (n - 1)b}
S₂₀ = 20/2 × {2a + (20 - 1)b}
S₂₀ = 10 × (2a + 19b)                    [subtitusi nilai 2a + 19b menjadi 10], sehingga :
S₂₀ = 10 × 10
S₂₀ = 100
 

6 5 6