Perbandingan jari-jari dua lingkaran adalah 1:2.panjang garis singgung persekutuan dalam kedua lingkaran tersebut adalah 12cm dan jarak antara krdua pusatnya 15cm.panjang jari-jari masing-masing lingkaran adalah?

2

Jawabanmu

2014-05-27T22:01:17+07:00
Cari pythagoras dari 15 dan 12 = 9
jadi r1 tambah r2 = 9
jika perbandingan 1:2 , maka jari-jari = 3 cm dan 6 cm

senang bisa membantu :)
terima kasih
maksudnya apa?
maksudnya jari-jari kecil = 3 cm dan jari-jari besar = 6 cm
Jawaban paling cerdas!
2014-05-27T22:02:24+07:00
Jari jari kecil=1x
jari-jari besar=2x
d(2)=J(2)-(R+r)(2)
12(2)=15(2)-(1x+2x)(2)
144=225-(3x)(2)
144=225-9x(2)
9x(2)=225-144
9x(2)=81
x(2)=81:9
x(2)=9
x=3
Jari-jari kecil=1x⇒1.3=3
Jari-jari besar=2x⇒2.3=6

Keterangan:(2)=pangkat 2
1 5 1