kalimat yang hanya terdiri atas satu verba utama yang menggambarkan aksi, peristiwa, atau keadaan. Kalimat simpleks (yang sesungguhnya sama dengan kalimat tunggal) hanya mengandung satu struktur: subjek>predikatror>
(pelengkap)>(keterangan).
Unsur yang diletakan di dalam kurung belum tentu ada dalam kalimat. Pada contoh berikut ini yang dimaksud verba utama adalah menulis. Verba tinggal pada unsur subjek dianggap bukan verba utama. Kalimat tersebut mempunyai satu struktur, yai
kalimat yang hanya terdiri atas satu verba utama yang menggambarkan aksi, peristiwa, atau keadaan. Kalimat simpleks (yang sesungguhnya sama dengan kalimat tunggal) hanya mengandung satu struktur: subjek>predikatror>
(pelengkap)>(keterangan).
Terimaa kchii y udh jwbb

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-01-28T18:53:16+07:00
Kalimat yang hanya terdiri atas satu verba utama yang menggambarkan aksi, peristiwa, atau keadaan. Kalimat simpleks (yang sesungguhnya sama dengan kalimat tunggal) hanya mengandung satu struktur: subjek>predikatror>
(pelengkap)>(keterangan).

3 3 3
2014-01-28T18:56:50+07:00
Kalimat simpleks adalah kalimat yang memiliki struktur satu verba
2 3 2