Jawabanmu

2014-05-27T19:15:19+07:00
Tumbuhan lumut memiliki sistem transpor air secara lateral. Sistem ini dapat dibagi menjadi 3, yaitu Simplas, Apoplas, dan Transmembran. Ketiga sistem ini bekerja pada tingkatan jaringan. 
-Simplas adalah kontinum sitosol yang didasarkan pada plasmodesmata (saluran yang menghubungkan protoplas melalui dinding). Sistem ini memungkinkan air berpindah antar sel secara langsung melalui plasmodesmata. 
-Apoplas adalah rangkaian dinding sel dan ruangan ekstra seluler. Sistem ini memungkinkan air berpindah antar bagian tumbuhan tanpa memasuki sel, namun hanya melewati matriks ekstra seluler dari suatu jaringan. 
-Transmembran, sistem ini memungkinkan air berpindah antar sel, melintasi membran dan matriks ekstra seluler (dinding sel tumbuhan). 
Sebenarnya tumbuhan berpembuluh angkut juga memiliki sistem ini, namun hanya dominan di bagian akar. Tumbuhan berpembuluh tidak hanya mengandalkan sistem transpor lateral karena sistem ini tidak efektif untuk ukurannya yang relatif besar. Tumbuhan berpembuluh membutuhkan sistem transpor yang lebih cepat dan efisien. Sedangkan tumbuhan lumut memungkinkan hanya melakukan transpor secara lateral karena ukuran tubuhnya yang kecil. 
1 5 1
2014-05-27T19:32:34+07:00
Struktur tubuh lumut masih sederhana, belum bisa melakukan pengangkutan.

proses pengangkutan air dan zat mineral didalam tubuh lumut berlangsung secara DIFUSI dan dibantu oleh adanya ALIRAN SITOPLASMA di dalam sel-sel tumbuhan lumut.

senang bisa membantu :)