Jawabanmu

2014-05-27T16:57:36+07:00
Pemuaian digunakan untuk mengurangi patahan yang terjadi akibat penambahan volume suatu benda
2014-05-27T16:58:29+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.

Manfaat Pemuaian (Padat, Cair, Gas)


Zat Padat 1.       Pemasangan Rel KeretaSambungan dua batang rel kereta selalu diberi cela. Hal ini karena jika rel kereta memuai, rel tidak menjadi bengkok/melengkung. Jika siang hari, rel bengkok/melengkung itu akan menyebabkan kereta anjlok. Oleh karena itu, saat ini rel didesain berujung runcing dan dipasang saling bertautan untuk menghindari rusaknya rel akibat pemuaian.


Zat Gas  Gas mengalami pemuaian ketika suhunya bertambah dan mengalami penyusutan jika suhunya turun. Pada gas tidak dikenal muai panjang dan muai luas, yang ada hanyalah muai volume gas. Dari penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa koefisien muai volume semua gas sama yaitu : 0,00367 /K. Pemuaian gas digunakan yaitu pada : 1.      Balon udara

di balon udara terjadi pemuaian udara yang berasal dari api


Zat cair
1.       Sebagai contoh thermometer air raksa/alcohol digunakan untuk mengukur suhu tubuh manusia