Perbandingan jari jari dua lingkaran adalah 1 : 3 . Jarak antara titik pusat kedua lingkaran adalah 24cm. Jika panjang garis singgung persekutuan dalam kedua lingkaran tsb adalah 18cm , tentukan panjang jari jari masing2 lingkaran!

2

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-05-27T13:27:33+07:00
P = 24 cm
GD = 18 cm
R+r = ?

tripel pythagoras : 24 18 ?
                           4    3      5
5 x 6 = 30

x + 3x = 30
4x = 30
x= 7,5 cm
panjang jari2 lingkaran adalah 7,5 cm dan 22,5 cm
:)
1 5 1
2014-05-27T15:06:58+07:00