Jawabanmu

2014-05-27T13:04:05+07:00
- Menggunakan kalimat yang santun yang ditandai oleh pemilihan kata-kata yang digunakan yaitu tidak bernilai rasa kasar, menyinggung perasaan, tidak sopan atau tidak sesuai dengan situasi komunikasi
- Penempatan kedua pihak sesuai dengan polaritas komunikasi yang tepat menurut usia, status sosial, atau menurut peran dalam situasi komunikasi itu
contohnya seperti apa ??
1. Menegaskan kembali hal yang penting dari topic yang telah dibicarakan agar tetap diingat atau tidak lupa untuk dilakukan.
2. Mengucapkan terimakasih
3. Permintaan maaf
4. Ungkapan perpisahan serta harapan
5. Menutup percakapan dengan salam penutup. Salam penutup biasanya disesuaikan dengan salam pembuka atau berdasarkan waktu.
2014-05-27T13:29:17+07:00
Memulainya dengan kata maaf dan berbicara secara santun. memberikan alasan terhadap pndpt yang tidak disetujui, dan membrikan pendapat apa yang sbnrny tepat. tidak meperlihatkan bahwa kita memaksa pendapat kita.
contohny " maaf, saya kurang setuju atas pendapat anda mengenai bahwa kita bisa mengadili pejabat yang tidak melaksanakan tugasnya dengan baik. seharusnya, kita yang sudah memilih dia sebagai pejabaf janganlah seenaknya menurunkan jabatan dia. kita sudah berani memilih , berani pula lah menerima resiko. jadi , sebaiknya bersama-sama mengeluarkan aspirasi sehingga pejabat trsbt dpt merubahnya "