Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-05-27T11:43:33+07:00
Kalo yang diajarin guruku sih gini : kan misalnya ada data, contohnya
1,1,2,2,3,4,5 nah itu kan mediannya 2.. nah itu namanya kuartil 2 (Q2)
nah angka angka yang ada di sebelah kiri angka 2 (1,1,2) itu dicari lagi mediannya, yaitu 1.. itu namanya kuartil 1 (Q1/kuartil bawah) nah angka angka di sebelah kanan angka 2 (3,4,5) kan mediannya 4, jadi 4 itu kuartil 3 (Q3/kuartil atas) gitu...
2 5 2
2014-05-27T11:46:27+07:00
Contoh =
1 4 5 5 6 6 6 6 7 7 7 8 9 9 10 10

maka :
1) Kuartil bawahnya diantara urutan pertama dan median
- urutan pertama = 1, median =  \frac{n16}{2} + ( \frac{n16}{2}+1) =  \frac{n8 + n9}{2} =  \frac{6+7}{2} = 6,5
-kuartil bawahnya diantara 1 dan 6,5 =  \frac{5+6}{2} =<u> 5,5 </u>

2) Kuartil atasnya diantara median dengan nilai terbesar
- median = 6,5 , urutan terakhir = 10
- maka kuartil atasnya =  \frac{8+9}{2}=<u>8,5</u>

3) Jangkauan interkuartil = Kuartil atas - kuartil bawah = 8,5 - 5,5 = 3
4) simpangan kuartil = Interkuartil ×  \frac{1}{2} = 3× \frac{1}{2} =<u> 1,5</u>


tanda </ u > sama < u > gausah dibaca