Jawabanmu

2014-05-27T10:26:36+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Semoga jelas dan bermanfaat,, maaf kalau salah..
Jawaban paling cerdas!
2014-05-27T12:03:47+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Soal :
suku ke -3 dan suku ke -6 suatu barisan geometri berturut-turut sama dengan 5 dan 135. suku ke-8 barisan tersebut adalah???
Jawaban :
Rumus Umum :
U_{n} = a.r^{(n-1)}

Sehingga Untuk suku ke 3 :
U₃ = a.r³⁻¹ = 5
U₃ = a.r² = 5.......(1)

Untuk suku ke 6 :
U₆ = a.r⁶⁻¹ = 135
U₆ = a.r⁵ = 135.......(2)

Untuk nilai a dan r, subtitusi persamaan 1 ke 2 :
a.r⁵ = 135        (uraikan), sehingga :
a.r².r³ = 135      (subtitusi nilai a.r² menjadi 5), sehingga :
5.r³ = 135
r³ = 135/5
r³ = 27
r = ∛27
r = 3

Untuk nilai a, subtitusi nilai r = 3 ke persamaan 1 :
a.r² = 5
a.(3)² = 5
9a = 5
a = 5/9

Sehingga Untuk suku ke 8 barisan tersebut :
U₈ = a.r⁸⁻¹
U₈ = a.r⁷
U₈ = (5/9).(3)⁷
U₈ = (5/9) × 2187
U₈ = 10935/9
U₈ = 1215

Jadi suku ke 8 barisan tersebut ialah 1215

Jadikan yg terbaik ya, dengan memberi label terbaik :)