Jawabanmu

2017-01-31T19:38:22+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.

Halo  Raditya23!

Menurut KBBI, pengertian makanan cepat saji adalah makanan yang pengolahannya dan penyajiannya dilakukan dengan serba cepat. Kata makanan cepat saji berasal dari bahasa Inggris, yakni fast food. Makanan apapun yang dapat disiapkan dengan segera sebagai makanan siap saji. Makanan cepat saji pada umumnya merujuk kepada makanan yang dijual di sebuah restoran atau toko dengan persiapan yang berkualitas rendah dan dilayankan kepada pelanggan dalam sebuah bentuk paket untuk dibawa pergi.

Berikut dibawah ini adalah 4 dampak positif / kelebihan makanan cepat saji, antara lain:

1.    Dampak positif kelebihan utama dari makanan cepat saji adalah untuk menghemat waktu. Dalam kehidupan sekarang yang serba cepat, makanan saji merupakan makanan pilihan utama bagi mereka yang memiliki kesibukan tinggi. Penyajian makanan cepat saji ini berbeda dengan penyajian makanan yang dimasak di rumah yang menghabiskan waktu dan proses yang lama, yakni mengharuskan memasak di dapur. Masakan cepat saji juga mengharuskan seseorang untuk melakukan perjalanan ke supermarket untuk membeli bahan-bahan makanan yang akan dimasak dan dihidangkan. Kemudian sebelum dikonsumsi, semua bahan masakan membutuhkan proses mencuci dan mengupas bahan makanan. Hal - hal inilah yang membuat masyarakat dengan tingkat kesibukan tinggi untuk memilih makanan cepat saji daripada makanan olahan hasil rumah.

2.    Kelebihan makanan cepat saji yang kedua adalah makanan cepat saji lenih hemat daripada makanan olahan dapur. Bagi seseorang yang tinggal seorang diri, makanan cepat saji adalah makanan paling murah daripada harus memasak di rumah.

3.    Makanan cepat saji selalu hangat. Makanan cepat saji yang hangat bisa didapatkan karena umumnya makanan cepat saji dihidangkan sesaat ketika seseorang hendak makan.

4.    Makanan tetap segar. Aspek ini bisa didapatkan karena adanya peraturan yang ketat yang khusus mengatur tentang jenis makanan cepat saji demi kesehatan dan keselamatan konsumen.

5.       Kemasan makanan cepat saji biasanya dibuat senyaman mungkin. Kemasannya yang bagus dapat membuat rasa nyaman dan selera makan yang baik bagi seseorang yang hendak mengkonsumsi makanan cepat saji.


Sedangkan dampak negatif / kekurangan dari makanan cepat saji adalah sebagai berikut:

1.       Makanan cepat saji pada umumnya tidak baik bagi kesehatan. Hal ini disebabkan karena umumnya makanan cepat saji dapat menyebabkan resiko tekanan darah tinggi, penyakit dengan kolesterol tinggi dan dapat menaikkan berat badan (obesitas).  Merupakan suatu fakta bahwa makanan cepat saji mempunyai kandungan kesehatan yang lebih buruk daripada makanan rumahan, Hal ini dikarenakan makanan cepat saji pada umumnya mengandung nutrisi rendah, dan juga adanya kandungan seperti garam, jenis lemak dan berbagai zat aditif (bahan kimia buatan).

2.      Semakin besar jumlah makanan yang dipesan di sebuah restoran makanan cepat saji, maka akan semakin besar pula tagihannya. Hal ini berarti bahwa makan di restoran makanan cepat saji lebih murah apabila hanya untuk satu orang saja. Makan diluar untuk makan makanan cepat saji bersama dengan keluarga sekali-sekali tidak akan menjadi masalah. Namun, sering berkunjung ke restoran cepat saji dengan keluarga besar juga dapat menjadi masalah kantong Anda, selain menjadi tidak sehat.

3.      Makan makanan cepat saji sejumlah keluarga menyebabkan kurangnya waktu yang dihabiskan bersama keluarga. Waktu makan keluarga adalah sesuatu yang dianggap sebagai kesempatan bagi semua anggota untuk berkumpul dan berbagi pengalaman mereka.

4.      Makan di restoran makanan cepat saji membuat seseorang, terutama seorang perempuan / seorang ibu menjadi lebih malas untuk memasak di rumah.

 

Demikian jawaban dari saya, semoga bermanfaat.

NB: Maaf jika jawaban saya kurang rapi dikarenakan kesalahan sistem dalam situs ini yang sedang dalam perbaikan.

2 3 2