Gimana sih cara mencari keliling belah ketupat kalau diketahui diagonalnya masing-masing 18 cm dan 24 cm ?
pilihanya:
a. 30 cm
b. 42 cm
c. 47 cm
d. 60 cm
tolong yah pakai cara yang jelas dan mudah dipahami ! thanks...

2
cari dulu sisinya neng. caranya pake dalil phytagoras dgn d1/2 & d2/2

Jawabanmu

2014-05-27T08:09:12+07:00
Diagonal 1 = 18 cm
diagonal 2 = 24 cm
2 diagonal itu kan membagi belah ketupat mjd 4 segitiga siku2. jd sisi belah ketupat bisa dicari dari sisi miring segitiga yg terbentuk dr diagonal itu td. nanti sisi miringnya ketemu 15.
jadi kelilingnya = 4 x 15 = 60 
Jawaban paling cerdas!
2014-05-27T08:15:16+07:00
Misalkan sebuah belah ketupat DC=CB=AC=AD adalah sisi
maka :
dik : DB= 18 ; AC=24
dik keliling ?
jwb
untuk mencari keliling = DC+DA+AB+BC
untuk mencari salah satu sisi, misal DC, maka menggunakan rumus trigonometri :

DC^2= DO^2 + OC^2
       = 9^2 + 12^2
       = 81 + 144
       = 225
 DC = 15

karena DC = AC = AB = AD, sehingga keliling belah ketupat = 15 + 15 + 15 +15 = 60

jawaban D

Semoga mengerti ^_^


2 5 2