1)Perang diponegoro terjadi karena......
2)Perang diponegoro terjadi pada tanggal,....
3)Tokoh tiga serangkai antara lain.........,..........,dan.........
4)isi teks sumpah pemuda (urut)
5)salah satu usaha Belanda untuk menahan serangan Inggris adalah
6)memgapa dasar negara perlu dirumuskan?
7) Tulislah usaha2 yang dilakukan untk mengusir belanda?

2

Jawabanmu

2014-05-26T21:28:32+07:00
3. Douwes Dekker, Ki Hajar Dewantara, Cipto Mangunkusumo
4. kami putra putri indonesia mengaku berbangsa yang satu bangsa indonesia
    kami putra dan putri indonesia mengaku bertanah air satu tanah air indonesia
    kami putra dan putri indonesia menjunjung bahasa persatuan bahasa indonesia
6. agar apa yang menjadi landasan ideologi, pandangan hidup, dan tujuan bangsa jelas
7. melakukan perjuangan di daerah, negosiasi dgn belanda, loby politik
1. karena pembangunan jalan raya jogja-magelang yang dibuat belanda melintasi makam leluhur pangeran diponegoro
2. pertengahan mei 1825
1 5 1
Jawaban paling cerdas!
2014-05-26T21:32:22+07:00
Kapan : 1825 - 1830
# serangkai :  dr. Cipto Mangunkusumo, Dauwess Dekker dan Kihajar Dewantoro(Suwardi Suryaningrat).
Berikut ini sebab-sebab umum perlawanan Diponegoro.
1. Kekuasaan Raja Mataram semakin lemah, wilayahnya dipecahpecah.
2. Belanda ikut campur tangan dalam urusan pemerintahan dan pengangkatan raja pengganti.
3. Kaum bangsawan sangat dirugikan karena sebagian besar sumber penghasilannya diambil alih oleh Belanda. Mereka dilarang menyewakan tanah bahkan diambil alih haknya.
4. Adat istiadat keraton menjadi rusak dan kehidupan beragama menjadi merosot.
5. Penderitaan rakyat yang berkepanjangan sebagai akibat dari berbagai macam pajak, seperti pajak hasil bumi, pajak jembatan, pajak jalan, pajak pasar, pajak ternak, pajak dagangan, pajak kepala, dan pajak tanah.
ada lg : Berikut ini sebab-sebab umum perlawanan Diponegoro.
1. Kekuasaan Raja Mataram semakin lemah, wilayahnya dipecahpecah.
2. Belanda ikut campur tangan dalam urusan pemerintahan dan pengangkatan raja pengganti.
3. Kaum bangsawan sangat dirugikan karena sebagian besar sumber penghasilannya diambil alih oleh Belanda. Mereka dilarang menyewakan tanah bahkan diambil alih haknya.
4. Adat istiadat keraton menjadi rusak dan kehidupan beragama menjadi merosot.
5. Penderitaan rakyat yang berkepanjangan sebagai akibat dari berbagai macam pajak, seperti pajak hasil bumi, pajak jembatan, pajak jalan, pajak pasar, pajak ternak, pajak dagangan, pajak kepala, dan pajak tanah.
SOEMPAH PEMOEDA
Pertama :
- KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENGAKOE BERTOEMPAH DARAH JANG SATOE, TANAH AIR INDONESIA
Kedua :
- KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA, MENGAKOE BERBANGSA JANG SATOE, BANGSA INDONESIA
Ketiga :
- KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENGJOENJOENG BAHASA PERSATOEAN, BAHASA INDONESIA
Djakarta, 28 Oktober 1928


mengapa dasar negara perlu dirumuskan:

seperti sebuah rumah, negara memerlukan dasar atau landasan. Dasar yang kokoh memungkinkan rumah berdiri dengan mantap. Di atas dasar itulah, sebuah negara melakukan pembangunan menuju masyarakat makmur. Di atas dasar itulah kehidupan negara diatur dan diarahkan. Mengingat begitu besar peran dasar negara bagi kelangsungan hidup suatu negara, maka dasar negara harus dirumuskan dan ditetapkan. Hal-hal yang menjadi alasan mengapa suatu dasar negara perlu dirumuskan, antara lain:

 Nilai-nilai kepribadian bangsa perlu dirumuskan secara resmi. Semua bangsa di dunia ini mempunyai nilai-nilai kepribadian luhur. Nilai-nilai itu telah dihayati dari zaman ke zaman sebagai pandangan dan penghayatan hidup. Namun, nilai-nilai itu belum nyata jika belum dirumuskan secara resmi. Nilai-nilai Pancasila seperti pengakuan adanya Tuhan Yang Maha Esa, berperikemanusiaan, bela negara, musyawarah, hidup bersama dalam perbedaan, dan nilai-nilai lainnya telah ada sejak dahulu. Dengan perumusan dasar negara nilai-nilai itu diakui secara resmi.Negara memerlukan dasar untuk melangkah maju. Negara membutuhkan dasar untuk melandasi semua kegiatan kenegaraan yang akan dibuatnya. Semua kegiatan negara akan mendapatkan dasarnya jika sudah ada dasar negara yang dirumuskan dan ditetapkanusaha*mengusir : 
-mogok kerja rodi 
-menahan beras di lumbung 
-melakukan serangan perang pd subuh hari 
-menghancurkan penyimpana/ gudang senjat di markas belanda
maaf sedikit berantakan, semoga membantu, terima kasih :)