Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-05-26T20:40:58+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
BTH - Bandar Udara Internasional Hang Nadim, Batam
BTJ - Bandar Udara Internasional Sultan Iskandar Muda , Banda Aceh
KNO - Bandar Udara Internasional Kuala Namu, Deli Serdang
SIX - Bandar Udara Dr. Ferdinand Lumban Tobing, Sibolga
SGT - Bandar Udara Internasional Silangit, Siborong-borong
LSW - Bandar Udara Malikus Saleh, Lhokseumawe
RGT'" - Bandar Udara Japura, Rengat
MEQ - Bandar Udara Cut Nyak Dhien, Nagan Raya
PDG - Bandar Udara Internasional Minangkabau, Kota Padang
PKU - Bandar Udara Internasional Sultan Syarif Kasim II, Pekanbaru
PLM - Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II, Palembang
TNJ - Bandar Udara Internasional Raja Haji Fisabilillah, Tanjungpinang
Jawa

Terminal 3, Bandara Soekarno Hatta
BDO - Bandar Udara Internasional Husein Sastranegara, Bandung
CGK - Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang
JOG - Bandar Udara Internasional Adi Sucipto, Yogyakarta
SOC - Bandar Udara Internasional Adisumarmo, Solo
SRG - Bandar Udara Internasional Achmad Yani, Semarang
SUB - Bandar Udara Internasional Juanda, Surabaya
Bali dan Nusa Tenggara

Bandara Udara Ngurah Rai
DPS - Bandar Udara Internasional Ngurah Rai, Denpasar
LOP - Bandar Udara Internasional Lombok, Lombok Tengah
MOF - Bandar Udara Wai Oti, Maumere
TMC - Bandar Udara Tambolaka, Waikabubak
Kalimantan
MLK – Bandar Udara Melalan, Sendawar, Kabupaten Kutai Barat
PKY – Bandar Udara Tjilik Riwut, Palangka Raya
TRK – Bandar Udara Internasional Juwata, Tarakan
SRI – Bandar Udara Temindung, Samarinda
BEJ – Bandar Udara Internasional Kalimarau, Berau
BPN – Bandar Udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Balikpapan
NNX – Bandar Udara Nunukan, Nunukan
BDJ – Bandar Udara Internasional Syamsuddin Noor, Banjarmasin
PNK – Bandar Udara Internasional Supadio, Pontianak
Sulawesi

Bandar Udara Sultan Hasanuddin
MDC - Bandar Udara Internasional Sam Ratulangi, Manado
UPG - Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar
KDI - Bandar Udara Internasional Haluoleo, Kendari
LUW - Bandar Udara Syukuran Aminuddin Amir, Luwuk
GTO - Bandar Udara Jalaluddin, Gorontalo
WKB - Bandar Udara Matahora , Wangi-wangi
TMI - Bandar Udara Maranggo , Pulau Tomia
2 5 2
2014-05-26T20:42:15+07:00
L utama rempah-rempah (komoditas utama), seperti lada dari Sumatera, cengkeh dan pala dari Indonesia Timur, dan jenis kayu-kayuan dari Nusa Tenggara. Posisi Indonesia yang strategis dan hasil sumber daya alam yang berlimpah menyebabkan Indonesia mampu menjadi salah satu pusat perdagangan yang penting di jalur dagang antara Asia Timur – Asia Barat (Timur Tengah dan semenanjung Arab), dengan Selat Malaka yang menjadi pusat-pusat dagang atau pelabuhan-pelabuhan dagangnya.Sekitar abad ke-7 hingga abad ke-14, ada dua kerajaan besar yang telah mampu menguasai perairan atau perniagaan di Nusantara, yakni Kerajaan Sriwijaya dan Kerajaan Majapahit.pusat-pusat kekuasaan yang bercorak Islam di Nusantara. Di Indonesia Timur, pelabuhan penting adalah Ternate dan Tidore.