Sebuah wadah berisi dua macam zat cair, yaitu minyak dengan massa jenis 0,8 g/cm3 setinggi 10 cm dan air dengan massa jenis 1 g/cm3 setinggi 50 cm. Tekanan udara di permukaan minyak adalah 1 atm (1 atm sama dengan 1x10 pangkat 5 Pa ). Besar tekanan di dasar wadah adalah...

2

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-05-26T20:43:37+07:00
Dik:
pm=800kg/m^3
hm=0,1 m
pa=1000kg/m^3
ha=0,5 m
Po=1x10^5

dit:
p total

P=Po+p air·g·h air+pminyak·g ·h minyak
P= 1x 10^5+1000x10x0,5+800x10x0,1
=1000x10^2+50x10^2+8x10^2
=1058 pa
sorry ya kalo salah
oiya itu maksudnya 1058 x 10^2 pa
2014-05-26T21:05:08+07:00
Dik :
massa jenis minyak = o.8 g/cm3 = 800 kg/m3
hm = 10cm = 0.1 m
massa jenis air = 1 g/cm3 = 1000 kg/m3
ha = 50cm = 0.5 m
Pm (permukaan) = 10 pgkt 5 Pascal
dit :
Pa (dasar) ?
jawab :
Pm/Pa = massajenis minyak x hm / massajenis air x ha
10 pkt 5 / Pa = 800 x 0.1 / 1000 x 0.5
Pa = 500 x 10 pgkt 5 / 80
Pa = 625000 Pascal