Jawabanmu

2014-05-26T17:24:54+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
1. Penangkal terhadap setiap ancaman militer dan ancaman bersenjata dari luar dalam negri, terhadap kedaulatan,keutuhan wilayah, dan keselamatan bangsa.
2. penindak terhadap setiap bentuk ancaman sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf a.
3. Pemulih terhadap kondisi keamanan negara yang terganggu akibat kekacauan keama nan.
4. TNI merupakan komponen utama sistem pertahanan negara. :)
1 1 1
Jawaban paling cerdas!
2014-05-26T17:52:42+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Fungsi dan tugas TNI (AD, AU, dan AL) diatur berdasarkan UU 34/2004 tentang TNI. Fungsi TNI diatur dalam BBab IV, pasal 6. Kemudian tugasnya diatur dalam pasal 7, 8, 9,dan 10

Fungsi TNI :

(1) TNI, sebagai alat pertahanan negara, berfungsi sebagai :
a. penangkal terhadap setiap bentuk ancaman militer dan ancaman bersenjata dari luar dan dam negeri terhadap kedaulatan, keutuhan wilayah, dan keselamatan bangsa
b. penindak terhadap setiap bentuk ancaman sebagaiman dimaksud pada ayat (1) huruf a
c. pemulih terhadap kondisi keamanan negara yang terganggu akibat kekacauan keamanan

(2) Dalam melaksanakan fungsi sebagaimana dimaksud pada ayat (1), TNImerupakan komponen utama sistem pertahanan negara

TUGAS TNI :

(1) Tugas pokok TNNI adalah menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik IndonesiaTahun 1945, serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan Bangsa dan Negara

(2) Tugas pokok sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilakukan dengan :
a. Operasi militer untuk perang
b. Operasi militer selain perang yaitu untuk :

1. Mengatasi gerakan separatis bersenjata
2. Mengatasui pemberontakan bersenjata
3. Mengatasi aksi terorisme
4. Mengamankan wilayah perbatasan
5. Mengamankan objek vitas nasional yang bersifat strategis
6. Melaksanakan tugas perdamaian dunia sesuai dengan kebijakan politik luar negeri
7. Mengamankan Presidn dan Wakil Presiden beserta keluarganya
8. Memberdayakan wilayah pertahanan dan kekuatan pendukungnya secara dini sesuai dengan sistem pertahanan semesta
9. Membantu tugas pemerintahan di daerah
10. Membantu kepolisian Negara Republik Indonesia dalam rangka tugas keamanan dan ketertiban masyarakat yang diatur dalam undang--undang
11. Membantu mengamankan tamu negara serikat kepala negara dan perwakilan pemerintah asing yang sedang berada di Indonesia
12. Membantu menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian, dan bantuan kemanusiaan
13. Membantu pencarian dan pertolongan dalam kecelakaan  (search and rescue), serta
14. Membantu pemerintah dalam pengamanan pelayaran dan penerbangan terhadap pembajakan, perampokan, dan penyeludupan
2 5 2