Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-05-26T15:53:11+07:00
PEMUAIAN ZAT

I. RINGKASAN MATERI
Hampir semua zat akan mengalami pemuaian jika dipanaskan. Tetapi ada beberapa zat akan menyusut pada daerah suhu tertentu jika dipanaskan, misalnya Bismuth dan air. Peristiwa pemuaian berbagai zat dapat kita lihat dalam kehidupan sehari-hari, misalnya : pemasangan kaca pada daun jendela, pemuaian raksa pada thermometer dan pemuaian udara pada ban mobil

1. Pemuaian Zat Padat
Pada umumnya zat padat akan memuai jika dipanaskan dan akan menyusut jika didinginkan. Pemuaian zat padat ini disebabkan atom-atom penyusun zat bergetar lebih cepat sehingga volume benda bertambah besar dan kerapatan benda berkurang. Pemuaian berbagai jenis logam dapat diselidiki dengan alat Musschenbroek, dimana dengan alat ini dapat terlihat bahwa masing-masing jenis logam memiliki pertambahan panjang berbeda-beda pada kenaikan suhu yang sama. Pertambahan panjang batang logam ini disebut muai panjang, yang nilainya :
a. sebanding dengan kenaikan suhu, artinya semakin besar kenaikan suhu semakin besar pemuaiannya.
b. sebanding dengan panjang benda semula, artinya semakin panjang batang yang dipanaskan semakin besar pemuaian yang terjadi.
c. bergantung jenis zat, karena masing-masing zat padat memiliki angka muai berbeda.

2. Pemuaian Zat Cair
Zat cair pada umumnya memuai jika dipanaskan kecuali air pada daerah suhu tertentu menyusut. Pemuaian zat cair adalah pemuaian ruang ( volume ). Pertambahan volume zat cair jika dipanaskan disebut muai ruang. Muai zat cair dapat diselidiki dengan alat dilatometer, yaitu sebuah labu yang mempunyai pipa kecil berskala.

3. Pemuaian Gas.
Percobaan menunjukkan bahwa gas memuai jika dipanaskan. Pemuaian gas ini dapat ditunjukkan dengan percobaan sederhana, yaitu pemanasan labu bertangkai dengan ujung tangkai labu dimasukkan kedalam air.Gelembung-gelembung udara yang terjadi menunjukkan pemuaian udara / gas.



Pemuaian zat Padat Pemuaian Zat Cair Pemuaian Gas

PENGARUH SUHU TERHADAP PEMUAIAN
1. Pemuaian Zat Padat
Zat padat jika dipanaskan akan mengalami pemuaian panjang, luas dan volume ( ruang )
Pemuaian panjang untuk bentuk batang, muai luas untuk bentuk bidang dan muai ruang
untuk bentuk kubus, balok, silinder, kerucut dan bola.

1 5 1
2014-05-26T15:54:17+07:00
Tdk ada,sebab masing2 zat meemiliki koefisien yg berbeda2 .Sehingga,tak ada koefisien muai panjang dua zat sama nilainya