Jawabanmu

2014-06-20T17:57:08+07:00

Bahan dan Alat:

2 kotak berbahan kayu atau tripleks, yang berbeda ukuran dengan selisih sekitar satu inci di setiap sisinyaKoran atau sobekan kertasKertas konstruksi berwarna hitam 4 lembar kardusPisau cutter tebalPembungkus makanan berbahan aluminium atau pelat logam. Aluminium foil bisa pula digunakan tetapi akan cepat kotor dan harus sering digantiPlester atau perekat karet8 buah tangkai penyangga (pilihan)Lem tahan panas yang kuat daya rekatnya (pilihan)
Cara Pembuatan:

Tempatkan kotak kecil di dalam kotak yang lebih besar. Isilah celah kosong diantara kedua kotak tersebut dengan sobekan kertas atau koran. Fungsinya sebagai penyekat atau penahan panas.

Alasi sisi bagian dalam kotak kecil dengan kertas konstruksi hitam . Hal ini akan menambah tingkat panas kotak.

Lapisi empat buah karton dengan bahan pemantul cahaya matahari yang terbuat dari pelat aluminium. Pastikan tidak ada lapisan pemantul yang terlipat atau berkerut. Beri plester atau perekat karet pada pinggir setiap pelat tersebut agar merekat dengan kuat pada karton.

Pasanglah setiap pelat pemantul sinar surya tersebut pada setiap sisi bagian atas dari kotak dengan sudut kemiringan sekitar 45 derajat.

Gunakan tangkai penyangga di bagian bawah setiap pelat pemantul agar posisinya stabil. Pastikan semua bagian sudah terpasang kuat dan tahan terhadap terpaan angin.

Taruhlah panci makanan dalam kotak. Tempatkan oven tenaga surya ini di tempat yang terpapar cahaya matahari langsung di waktu terik siang hari.




2 3 2